Perbedaan Oatmeal dan Granola

Untuk Anda yg berkeinginan dengan serealia sehat seperti oat serta granola, apa telah menyadari perbedaanya?

Memang buat sebagian orang cuma jelas bila kedua-duanya sebagai makanan sehat dari gandum, serta cuma tidak serupa penampakan serta rasa saja. Apa benar demikian? Apa kedua-duanya memang sereal sehat yg datang dari gandum?

Yuk, tahu dahulu apakah yang dimaksud oatmeal serta granola sesungguhnya, serta apa bedanya dengan dalam, tapi ringan dimengerti. Tersebut uraiannya.

1. Asal Pengerjaan

Oatmeal dibikin dari tanaman haver yg kaya serat serta bebas lemak suntuk. Banyak memang yg menduga bila oat ini datang dari gandum utuh, meskipun sebenarnya asal tanamannya tidak serupa, lho.

Oatmeal bukan datang dari gandum (wheat) tetapi tanaman haver. Karenanya, kalau Anda cermati merek paket oatmeal tercatat havermout cereal, bukan wheat cereal. Di luar negeri lantas sereal ini dimaksud dengan havermout quaker, sesaat di Indonesia lebih digemari banyak orang dengan istilah quaker oats.

Sedang, granola terbuat dari havermout yg digiling, serta di campur dengan biji-bijian, kacang-kacangan, kadangkala ditambah buah-buahan kering. Beberapa bahan granola itu dipanggang sampai kering, sampai juga bisa jadikan snack siap santap. Tidak serupa dengan oatmeal yg rasa-rasanya cemplang serta butuh diproses lebih dahulu.

2. Konstruksi & Nutrisi

Oatmeal terbuat dari oat atau haver murni tanpa kombinasi bahan lain. Ragam oat sendiri bermacam, ada rolled oat atau yg dimaksud old-fashion oat, quick cooking, serta instan cooking.

Serat pada rolled oat tambah tinggi dibanding quick cooking serta instan cooking. Tapi, yg paling mengetahui sesungguhnya ialah kandungan glukosa / indeks glikemik (GI). GI pada rolled oat lebih rendah dari quick cooking serta instan cooking. Tapi, quick cooking lantas telah baik lantaran lebih rendah GI-nya ketimbang instan cooking.

Nah, bila Anda tengah diet serta memakai oatmeal tapi berat tubuh Anda malahan sama pula serta malahan cepat mengantuk, cek dahulu apa Anda memakai yg butuh di masak sesaat (quick cooking) atau instant? Lantaran kandungan glukosa yg tinggi akibatkan ringan mengantuk serta ringan lapar. Berhati-hati buat Anda yg menanggung derita diabetes, agar aman pilih quick cooking atau rolled oat.

Sedang, granola yang dibikin dari havermout tapi dengan proses yg tidak serupa punyai konstruksi yg lebih bermacam. Kebanyakan havermout panggang itu di campur dengan kacang serta buah-buahan kering, sampai begitu kaya dengan vitamin.

Tapi, Anda butuh jeli waktu pilih granola. Granola memang kaya nutrisi terutama serat serta vitamin, tapi beberapa macam granola punyai kombinasi perasa seperti coklat, madu, serta pemanis yang lain yang punyai indeks glukosa / GI yg tinggi. Agar lebih aman serta sehat, pilih granola yg tanpa ada penambahan pemanis, ya.

3. Rasa

Oatmeal memang sehatkan serta seringkali berubah menjadi pilihan buat sarapan sehat. Gak kebanyakan orang pas dengan rasa-rasanya yg cemplang serta aroma unik oat yg banyak memang tak digemari beberapa orang. Tapi, seluruhnya dapat diakali dengan madu, di campur juice, atau dikasih potongan buah.

Sedang, rasa granola yg tawar lantas lebih digemari banyak orang-orang lantaran telah gurih. Granola dengan rasa coklat atau pisang ada juga serta merasa manis, tapi buat pasien diabetes serta yg melaksanakan diet butuh siaga dengan kandungan GI-nya.

Granola dengan kombinasi potongan buah punyai rasa manis asam yg alami serta aman untuk kebanyakan orang. Pemanis dengan buah-buah kering ini tak kan begitu memengaruhi kandungan gula pada badan Anda.

4. Penyajian

Oatmeal kerap disiapkan jadi bubur buat sarapan, lantaran oatmeal menyerap air sampai berwujud mirip bubur. Banyak orang-orang memasak oatmeal dengan air panas demikian saja. Buat yg kurang sukai rasa serta aroma alami oat, juga bisa diakali dengan memberikannya potongan buah, madu, atau jadikan smoothies. Bila mau rasa yg lebih gurih, olah saja dengan kuah serta topping seperti bubur ayam.

Bila oatmeal memiliki tekstur kental seusai di masak, granola renyah seperti sereal. Granola dapat dikonsumsi langsung atau normalnya jadikan sereal yg disiapkan bersama-sama susu. Granola bisa pula diproses kembali dengan dipanggang bersama-sama madu buat jadikan granola bar, atau jadikan taburan topping pada ice krim serta yogurt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *