Kenali Bedanya, Daun Salam vs Daun Jeruk

Daun salam serta daun jeruk memang tampak serupa, ya. Kala beli di pasar mungkin memohon penjual memilihkan biar gak salah. Kala beli di supermarket pasti ada papan tulisan yang mengetahui kedua-duanya.

Tetapi, bagaimana bila telah menyimpan daun salam serta daun jeruk dalam rumah? Kadangkala juga ada yang bingung untuk membedakannya, serta harus merobek daunnya dahulu untuk mencium perbedaannya. Sibuk ya, daun jadi rusak.

Biar gak bingung , yuk baca ketidaksamaan daun salam serta daun jeruk dibawah ini.

1. Bentuk Daun

Trik pertama untuk mengetahui daun salam serta daun jeruk dengan lihat bentuk daun. Daun salam mempunyai bentuk lonjong memanjang, sesaat daun jeruk oval seperti telur serta daunnya lebih kecil.

Kalau beli daun jeruk, mungkin mendapatkan dua helai daun jeruk yang menyatu. Kalau mendapatkan daun semacam ini, jelas jika daun itu merupakan daun jeruk.

Ciri lain dari memiliki bentuk, ujung daun salam lebih runcing dari daun jeruk. Vein atau tulang daun pada daun salam lebih tampak, sesaat vein daun jeruk hampir tak tampak. Pada pinggiran daun jeruk ada lekukan-lekukan kecil seperti bergerigi, sesaat sisi pinggir daun salam mulus.

2. Warna Daun

Warna hijau daun jeruk lebih tampak fresh serta mengkilat, sesaat daun salam warna hijaunya lebih tua serta tak tampak bersinar.

3. Kegunaan dalam Masakan

Pemanfaatan daun jeruk dalam masakan memiliki fungsi untuk meningkatkan aroma serta berikan rasa asam yang fresh. Sedang, pemanfaatan daun salam berikan aroma ciri khas pada masakan.

Kalau daun jeruk diperlukan dalam situasi fresh untuk di peroleh gunanya, daun salam malahan butuh dikeringkan dahulu biar aromanya keluar.

4. Pemanfaatan dalam Masakan

Kebanyakan daun jeruk diperlukan dalam masakan bersantan seperti rendang, masakan berkuah bening seperti soto, sampai diperlukan dalam olahan keripik tempe rasa daun jeruk. Lantaran mempunyai warna hijau yang fresh serta bersinar, daun jeruk bisa pula jadikan garnish atau penghias makanan.

Daun salam lebih mempunyai guna jadi penambah aroma ciri khas pada masakan Asia Tenggara. Daun salam biasa diperlukan untuk kuatkan rasa soto, opor, pepes, botok, serta beragam olahan sayur Indonesia.

Telah jelas kan beda daun salam serta daun jeruk? Bila menyimpan ke-2 daun itu di dapur saat ini gak butuh takut salah gunakan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *