Cara Membuat Pepes Tahu

Pepes sama dengan menu rumahan keluarga Indonesia. Santapan sehat yang dikukus dengan daun pisang ini dapat dikreasikan dengan bermacam style lauk serta sayuran. Satu diantara sebagai favorite adalah pepes tahu.

Berbahan mudah dan murah diketemukan. Anda dapat membuat sendiri pun di dalam rumah jadi menu ekslusif untuk keluarga. Turuti trik bikin pepes tahu yang lezat tersebut.

1. Pakai tahu putih atau kuning yang padat

Tahu putih atau tahu kuning yang padat jadi bahan pokok dalam pengerjaan pepes tahu. Jika pengin penampakannya lebih cantik serta tidak tampak pucat, dapat gunakan tahu kuning.

Pilih tahu dari kedelai bermutu serta memiliki tekstur padat agar rasa serta struktur di mulut lebih nikmat. Tetapi jika terpaksa sekali memanfaatkan tahu putih potong biasa, dapat anda akali dengan memberikan tambahan telur agar berasa lebih padat waktu masak.

Haluskan tahu dengan garpu, selanjutnya campur dengan bumbu halus dari bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, serta cabai merah keriting. Imbuhkan pun gula serta garam, aduk rata.

2. Imbuhkan santan atau telur untuk memberikan tambahan rasa gurih

Telur atau santan biasa ditambah dalam adonan pepes untuk memberikan tambahan rasa gurih. Tidak hanya memberikan tambahan rasa gurih, pemanfaatan telur pada adonan pepes tahu juga bikin pepes lebih padat serta tidak simpel pecah.

Walaupun gunakan telur, imbuhkan pun dikit santan kental agar pepes tahu kian gurih serta wangi. Untuk 350 gr tahu, imbuhkan dikit saja santan kental kurang lebih 50 ml. Pilihan yang lain dapat dengan memberikan tambahan 1 butir telur.

3. Gunakan daun bumbu serta rempah fresh untuk mengharumkan pepes

Untuk berikan aroma harum pada pepes, imbuhkan daun bumbu dalam adonan pepes sekiranya, daun salam, daun jeruk purut, daun bawang, daun kemangi, atau daun kunyit. Dapat juga ditambah rempah fresh seperti, serai, lengkuas, serta jahe.

Rempah fresh cukup digeprek saja serta di campur pada adonan pepes, agar simpel dibuang pun serta tidak termakan. Menggeprek akan menopang dalam keluarkan sari dalam suatu bumbu atau rempah. Tehnik ini kerapkali digunakan pun pada beraneka masakan china, lho.

Baca Pun : 5 Panduan Bikin Bermacam Pepes

4. Bungkus dengan daun pisang

Daun pisang banyak diperlukan jadi wadah serta pembungkus beberapa makanan tradisionil Indonesia. Tidak hanya supaya punyai bentuk rapi, daun pisang pun berikan aroma enak yang unik pada makanan.

Pakai sekian lembar daun pisang untuk membungkus pepes. Agar tidak sobek, gulung dengan arah serat daun yang terbalik, ya. Semat ke dua ujungnya dengan lidi. Yakinkan pun menggulung dua atau 3x agar isi pepes tidak berhamburan keluar kalau dipanggang.

5. Panggang pepes agar lebih wangi serta nikmat

Poles daun pembungkus pepes dengan dikit minyak pun ya, agar tidak simpel hangus waktu dipanggang di atas api. Pakai dikit saja bara api. Yakinkan tidaklah terlalu panas atau bara apinya terlampau besar, agar pepes tidak segera hangus.

Maksud memanggang pepes cuma untuk mengoptimalkan aroma tak mesti bikin pembungkusnya kering serta gosong. Anda tidak usah memanggang hingga semuanya daunnya lalu, kalau telah tercium wangi serta layu di sebagian segi saja cukup sudah. Soal ini menyikapi agar daun tidak gosong serta abunya masuk ke pepes waktu dibuka.

Praktis kan trik membuat? Kian sehat, lezat, serta wangi kalau ditambah daun kemangi juga. Selamat coba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *