Apa Bedanya? Cokelat Couverture vs Compound

Sadari beberapa jenis cokelat masak (cooking chocolate) sangat utama sebelum mengawali berkreasi dengan cokelat. Untuk orang pemula, cokelat masak apa pun kelihatan sama pula. Tetapi, sebetulnya cokelat terdiri jadi dua style, ialah couverture serta compound.

Menyadari apa mesti gunakan cokelat compound atau cokelat couverture jadi penting untuk membuahkan krasi cokelat yang sesuai dengan. Ada beraneka brand cokelat yang ada di toko kue, bahkan juga dengan formasi yang berlainan. Ada yang terdaftar memiliki kandungan 55% cocoa, 70%, bahkan juga 99% cocoa.

Mungkin anda pun bingung, cokelat mana yang anda perlukan. Yuk, ketahui seterusnya bedanya, agar tidak salah pilih.

1. Formasi

Cokelat dibikin dari biji cokelat yang diolah jadi pasta cokelat. Sesudah itu, pasta cokelat itu diolah jadi dua sisi, ialah lemak dari cokelat berupa mentaga/cocoa butter serta bubuk cokelat.

Cokelat couverture yaitu kombinasi dari pasta cokelat dalam bagian pemrosesan ke-2, serta cocoa butter pada bagian ke-3. Sesaat, cokelat compound adalah kombinasi bubuk cokelat pada bagian ke-3 dengan lemak nabati.

Couverture dipanggil jadi real chocolate. Cokelat ini dipandang sebagai cokelat premium serta “asli”. Couverture lebih ringan meleleh sebab memiliki kandungan lemak alami cokelat (cocoa butter) yang meleleh pada suhu badan.

Cokelat compound tidak dipandang sebagai cokelat “asli” sebab cokelat miliki basis minyak/lemak nabati ketimbang basis lemak coklat. Tetapi, sebab itu cokelat compound tidak ringan leleh serta ringan dipakai. Cokelat compound baru cair kala anda mencairkannya.

Untuk dapat dimaksud cokelat couverture, prosentase cocoa butter mesti antara 32-39%. Keseluruhan prosentase kandungan cokelat juga mesti sedikitnya 54%.

2. Langkah Pemrosesan

Tehnik dalam melumerkan cokelat sebelum diproses pun tidak serupa. Cokelat couverture lebih sukar sebab butuh proses tempering, yakni proses turunkan lalu menaikan suhu kala pelelehan cokelat. Masalah ini dikerjakan agar warna cokelat tidak jadi kusam. Disamping itu, cokelat compound cuman perlu dilelehkan dengan au bain marie seperti biasa dengan api konstan.

3. Rasa

Meskipun ringan meleleh, cokelat couverture miliki rasa dan penampilan yang terpilih. Rasa cokelat couverture lebih pahit ciri khas cokelat. Cokelat ini dibikin dengan mentega cokelat serta pasta cokelat sampai-sampai membuahkan rasa cokelat paling kuat dari style yang lain.

Pada merek cokelat coverture umumnya ada jumlahnya prosentase kandungan cokelat. Umpamanya 70% mempunyai arti ini adalah keseluruhan kombinasi pasta cokelat (cocoa mass) serta cocoa butter, umpamanya 40% cocoa mass 30% cocoa butter. Disamping itu, 30% bekasnya mungkin saja gula, vanili, serta beberapa bahan capuran yang lain.

Simak juga pada konstruksinya, ya. Kian tinggi prosentase cocoa mass karena itu cokelat bakal pahit serta tambah murah. Kalau tambah tinggi prosentase cocoa butter karena itu kian encer serta mahal harga cokelatnya, lho.

4. Struktur

Kalau anda coba mengkonsumsinya langsung, cokelat compound mesti dikunyah dahulu baru leleh di mulut, sedang cokelat couverture bakal langsung meleleh kala masuk mulut.

5. Kualitas serta Penentuan

Dari keterangan awal kalinya udah jelas sekali jika cokelat couverture lebih bermutu tinggi dari compound. Tetapi, cokelat compound sendiri juga dapat jadi pilihan yang terpilih, mengingat harga yang tambah murah serta lebih ringan untuk diproses.

Cokelat compound pun gak ringan meleleh serta dapat disimpan pada suhu 28-30 C. Cokelat compound pun lebih manis dari cokelat couverture, sebab kandungan gula yang tambah banyak. Sebab lebih tahan dengan suhu ruangan, cokelat compound jadi pilihan pas dalam pengerjaan garnish.

Kalau anda udah profesional serta dapat melumerkan couverture tiada menyingkirkan kilaunya, penentuan couverture amat pas mau membuat ganache cake, serta chocolate dipping sauce.

Saat ini udah tidak bingung kan dalam memilah serta pilih cokelat yang sesuai dengan. Dalam banyak kreasi cokelat kedua-duanya memang dapat sama-sama jadi pilihan. Semua masih terkait pada penampilan akhir yang anda mau, serta pastinya memperhitungkan anggaran juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *