6 Kreasi Nikmat dari Ketan Putih

Beras ketan banyak tumbuh di pertanian beberapa negara tropis. Serealia ini khususnya sangatlah popular di Indonesia.

Beraneka sajian lezat dapat dibikin dari ketan putih. Kalau Anda mempunyai beras ketan putih serta pingin berkreasi dengan beras ketan itu, tersebut kami sediakan 6 santapan lezat memiliki bahan basic ketan putih.

1. Ketan Bubuk

Pertama kali, buat bubuk kedelai untuk taburan ketan lebih dahulu. Sangrai kedelai bersama-sama daun jeruk sampai dikit kecoklatan. Berhati-hati, jangan pernah gosong ya.

Sesudah dingin, jus bersama-sama gula serta dikit garam. Taruh dalam toples, bubuk kedelai ini dapat dimanfaatkan berulang-kali jadi taburan.

Teruskan dengan membuat ketan tanak dari beras ketan. Anda dapat gunakan rice cooker seperti menanak nasi biasa, akan tetapi awal mulanya beras ketan butuh di rendam 1-2 jam.

Sesudah ketan tanak serta panasnya menyusut dari rice cooker, geser dalam wadah lain serta biarlah panasnya hilang semuanya. Sesudah dingin, sediakan dengan taburan bubuk kedelai.

2. Lemper

Lemper memanglah tidak asing untuk warga Indonesia. Sajian ini biasa diberikan jadi pembuka atau appetizer, bahkan juga hidangan dalam kue box.

Paduan ketan dengan daging ayam rasa-rasanya demikian gurih dengan struktur legit. Untuk membuat, ketan butuh dikukus bersama-sama santan agar gurih. Simpan ketan yg udah makan di atas daun pisang, kasih daging ayam suwir berbumbu di atasnya, gulung lemper dengan daun pisang menyelimutinya sisi luarnya. Lemper siap diberikan.

3. Ketan Unti

Santapan kue kukus ciri khas Nusantara yg seringkali jadikan hidangan pelbagai acara ini memang demikian popular. Seringkali ketan unti ini diketemukan di pasar yg jual kue tradisionil.

Untuk membuat, masak santan, daun pandan serta beras ketan, Aduk sampai santan terserap beras ketan. Setelah itu kukus kembali sampai masak.

Dalam wadah, campur kelapa parut dengan gula jawa, aduk sampai tercampur rata. Kasih dikit garam, masak sampai gula jawa larut serta kelapa parut masak.

Mengambil beberapa sendok ketan yg udah masak, padatkan, simpan dalam wadah. Kasih gula kelapa di atasnya, serta ketan unti siap diberikan.

4. Semar Mendem

Rasa-rasanya hampir seperti lemper, akan tetapi sisi luarnya dilapis telur santan dadar yg lembut. Tidak kalah lezat dengan lemper, kudapan ciri khas Solo ini simpel untuk dibikin sendiri di dalam rumah, lho.

Persis seperti langkah membuat lemper, tetapi ketan isi ayam yg udah dikepalkan, dibalut telur santan dadar. Setelah itu disiram dengan saus fla santan kental.

5. Bubur Ketan Jagung

Beras ketan juga dapat jadikan bubur yg nikmat waktu diproses bersama-sama jagung manis. Sesuai sekali untuk sarapan pagi. Pertama kali, masak ketan yg udah di rendam air saat 1-2 jam sampai pulen.

Bersihkan bersih jagung,pipil jagung,sisih kan. Atau bisa pula memanfaatkan jagung manis yg langsung sudah dipipil dari supermarket. Jus sejumlah jagung sampai halus, saran dalam rebusan air mendidih, saran daun pandan. Saran sejumlah jagung pipil yg masih utuh, masak serta aduk rata.

Jus seperempat jagung sampai Halus saran ke air yg udah mendidih bersama-sama jagung pipil yang lain aduk rata. Saran beras ketan, aduk terus agar tak menggumpal serta lengket di panci.

Tambakan santan, gula serta garam. Aduk terus sampai bubur masak, revisi rasa-rasanya. Sediakan saat hangat.

6. Wajik

Kue wajik adalah kue tradisionil yg manis serta dikit lengket akan tetapi nikmat di mulut. Snack manis ciri khas Jawa ini bertambah nikmat waktu disantap bersama-sama teh hangat.

Langkah membuat, masak lebih dahulu ketan yg udah di rendam saat satu jam dengan kukusan atau rice cooker biasa.

Dalam panci, rebus santan bersama-sama gula merah, gula pasir, daun pandan, garam, serta air. Aduk sampai tercampur rata serta mendidih.

Tambahkan ketan yg udah masak dalam rebusan santan. Aduk rata serta masak sampai santan terserap habis.

Ubah adonan pada loyang atau persegi panjang. Padatkan sampai rapi serta merekat semua, biarlah wajik dingin pada suhu area. Sesudah dingin, potong-potong wajik serta siap diberikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *