5 Olahan Kentang Pendamping Steak

Mau bikin steak dalam rumah? Kerapkali yang buat bingung malahan pelengkapnya. Biar tidak menjemukan, selanjutnya 5 gagasan olahan kentang yang dapat Anda sediakan jadi pendamping steak home made Anda.

1. French Fries

Walau french fries banyak dipasarkan jadi frozen food di supermarket, biar lebih sehat, harusnya memang bikin sendiri saja dari kentang asli.

Irislah kentang berubah menjadi potongan french fries. Masukan ke air dingin biar tidak berlangsung oksidasi serta beralih kecoklatan. Kasih perasan lemon serta garam.

Tuangkan banyak minyak dalam wajan, panasi minyak. Selesai minyak panas, kecilkan panas api. Anda butuh menggoreng kentang 2x biar teksturnya renyah di luar akan tetapi lembut dalam. Seperti french fries ala restoran.

Memang mungkin terdengar menyusahkan, tetapi tersebut yang butuh dikerjakan biar struktur french fries prima. Gorengan pertama dikerjakan dengan api kecil biar sisi dalam kentang masak sama rata. Tiriskan sampai minyak turun. Selanjutnya, kentang digoreng dengan api besar buat membuat tektur renyah pada sisi luar, serta warna keemasan.

Kalaupun french fries digoreng cuma 1x dengan api kecil yang selanjutnya di besarkan panas apinya, karena itu french fries dapat berubah menjadi renyah tapi kurang masak ditengah-tengah, atau cuma berminyak serta lemas.

2. Kentang Wedges

Potong 5 buah kentang berubah menjadi 16-18 sisi. Jadi, Anda dapat memangkas 4-5 sisi per kentang. Campur susu serta telur sampai rata. Pada tempat tidak serupa, campur tepung, merica, garam, serta bubuk bawang putih.

Celupkan satu-satu kentang dalam wadah kombinasi susu serta telur. Lalu, saran ke tepung serta gulingkan sama rata.

Panasi minyak, lalu goreng kentang dengan api kecil saat 3 menit. Angkat tiriskan. Goreng kembali kentang dengan api besar sampai keemasan. Angkat, tiriskan. Sediakan jadi pelengkap steak.

3. Mashed Potato

Kentang lembut seperti bubur kental ini seringkali diketemukan di berapa rumah makan jadi kondimen steak. Rasa-rasanya gurih dengan struktur lembut.

Buat membuat, kupas serta potong kentang berubah menjadi bagian-bagian. Rebus kentang sampai empuk, tiriskan. Leburkan kentang dengan hand blander atau ulekan batu yang dibungkus plastik.

Saran kentang yang telah dihaluskan dalam blander. Haluskan sampai kentang lembut serta lumat. Ubah dalam panci atau mangkok.

Hangatkan susu cair serta mentega. Angkat lalu tuangkan ke wadah kentang. Bumbui dengan garam serta merica. Aduk kentang sampai rata, sembari ditekan-tekan dengan saringan halus dari besi biar kentang lembut serta creamy. Letakkan kentang jadi pendamping steak.

4. Kentang Ongklok

Kentang ongklok adalah resep olahan kentang ciri khas Indonesia yang sesuai disantap bersama-sama steak. Buat membuat, kupas kentang serta potong dadu. Kukus kentang sampai masak serta empuk, atau Anda bisa juga langsung merebusnya di air panas.Selesai masak, tiriskan.

Sediakan bawang putih serta seledri yang dicincang halus, garam, lada bubuk, dikit mentega, serta keju yang telah diparut.

Saran kentang yang masih panas dalam wadah tertutup, saran pun bumbu-bumbu yang lain jadi satu. Ongklok (kocok) dalam wadah tertutus saat panas. Sediakan bersama-sama steak.

5. Potato Chip

Anda bisa juga membuat keripik kentang yang renyah jadi pelengkap steak. Akan tetapi, ketimbang beli kentang paket, bikin sendiri lebih sehat lho. Tidak susah kok buat membuat.

Kupas serta basuh bersih kentang lebih dahulu. Kamudian, irislah tipis-tipis kentang itu, jangan pernah putus ya. Anda bisa juga gunakan potato slicer buat membantu dalam mengiris kentang.

Saran potongan kentang dalam baskom berisi air lemon. Air ini akan halangi oksidasi sampai kentang tidak kecoklatan.

Sesudah itu, rendam kentang di air mendidih saat 5 menit, lalu rendam di air dingin 10 menit, tiriskan. Taburi garam sesuai kebutuhan, aduk rata. Goreng dalam minyak panas, sampai kering keemasan. Jangan pernah gosong, ya. Angkat serta tiriskan. Sediakan bersama-sama steak serta sayuran pelengkap yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *